Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian di MTs. Persis Tarogong Kecamatan Tarogong Kidul - Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.81Keywords:
Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru, Capaian Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap kinerja guru untuk mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di MTs. Persis Tarogong dengan jumlah responden sebanyak 67 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mewujudkan capaian hasil belajar siswa di MTs. Negeri 1 Garut. Artikel ini berkesimpulan bahwa Capaian Hasil Belajar Siswa dapat terwujud dengan optimalnya motivasi kerja guru dan kinerja guru yang optimal.
References
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efaktif. Bandung: Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Iriany, Ieke Sartika. Volume 8. Nomor 1 (54-85), 2014. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Iskandar, Jusman. 2018. Metoda Penelitian. Bandung: Puspaga Bandung
Mahmud, M. Dimyati. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi
Mukminin, M. Isna Koirul. 2014. Hubungan antara motivasi kerja guru dan sikap terhadap profesi guru dengan kinerja guru SMP Negeri 3 sidoharjo. Tesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Surakarta
Muslim, Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeth
Mustaqim, 2012. Supervisi Pendidikan Agama Islam. Rasail Media Group. Semarang.
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Priansa, Donni Junni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfa Beta. Bandung
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo. Cet. Ke-4
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Saefullah, U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Soliyah Wulandari. Volume 4. No. 1, 2014. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Jakarta
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Cet. Ke-3
Suryanto dan Asep Juhad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
W. James Popham dan Eva L. Baker. 2011. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta
Administrasi Dokumen MTs. Persis Tarogong.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
PP Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















