Pengaruh Kepemimpinan Autentik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran (Penelitian di MI Al-Khoiriyyah 1, 2, 3 dan 4 Karangpawitan Garut)

Authors

  • Nahdi Hadiyanto Universitas Garut
  • Risma Rosmayanti Universitas Garut
  • Ummu Salamah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i01.84

Keywords:

Kepemimpinan Autentik, Kinerja Guru, Efektivitas Program Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur berapa besar pengaruh pentingnya kepemimpinan autentik sebagai alternatif kepemimpinan disekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam mewujudkan efektivitas program pembelajaran. Metode deskripsi analisis adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik observasi,survei,wawancara,dan studi dokumentasi,responden penelitian ini yaitu tenaga pendidik dan kependidikan MI Al-Khoiriyyah 1,2,3 dan 4 Karangpawitan Garut sebanyak 54 orang. Kepemimpinana utentik kepala madrasah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan efektivitas program pembelajaran. Kesimpulannya dari artikel ini bahwa hasil perhitungan ini menunjukan efektivitas program pembelajaran di MI Al-Khoiriyyah 1,2,3 dan 4 Karangpawitan dipengaruhi banyak faktor lain yang sangat dominan selain factor kepemimpinan autentik kepala madrasah. Diantara faktor-faktor tersebut adalah faktor internal (dalam diri murid itu sendiri), faktor lingkungan,dan factor instrumental input (kurikulum,sarana prasarana dll). untuk mewujudkan efektivitas program pembelajaran semua warga sekolah harus bias mengkaji faktor internal dan eksternal yang bias meningkatan efektivitas program pembelajaran.

References

Ahim, S (2016). Efektivitas Pembelajaran Pola Pendidikan SistemGanda.Bandung:Alfabeta
Amrullah, Z. A. (2019). ManajemenBelajardanPembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.
Barnawi, (2012).Kinerja Guru Professional, Jogjakarta, Ar-ruzz media.
Bungin, Burhan, (2010). MetodePenelitianKuantitatif. Jakarta, PT. KencanaPrenada Media Group.
Dahar, R Wilis. (2011). Teori-teoriBelajar&Pembelajaran.Jakarta :Erlangga. .
George, Bill (2003). Authentic Leadership : Rediscovering the Secret to Creating
Lasting Value.Jossey-Bass, United States.
Harjanto.PerencanaanPengajaran. Jakarta: RinekaCipta. 2013
Iskandar, J. (2016). MetodePenelitianSosial.Bandung: Puspaga
Iskandar, J. (2020). ModulMatakuliahMatodePenelitian. Garut: PascaSarjanaUniversitasGarut
Komariah A (2018) KepemimpinanAutentik ,Bandung, Alfabeta.
Millikan, Ross H. (2010). Authentic Educational Leadership in School.Xlibris Corp. Australia.
Mulyasa , H.E. (2012). ManajemendanKepemimpinanKepalaSekolah. Jakarta:BumiAksara.
Priansa, DonniJunni. (2017). MenjadiKepalaSekolahdan Guru profesional. Alfa Beta. Bandung.
Supardi (2014).KinerjaGuru.Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Widoyoko, S. EkoPutro. (2018). PenilianHasilPembelajaran Di Sekolah.Yogyakarta:PustakaPelajar.

Downloads

Published

2022-04-09

How to Cite

Hadiyanto, N., Rosmayanti, R., & Salamah, U. . (2022). Pengaruh Kepemimpinan Autentik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran (Penelitian di MI Al-Khoiriyyah 1, 2, 3 dan 4 Karangpawitan Garut). Khazanah Akademia, 6(01), 17–22. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i01.84

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>