Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Partisipasi Orang Tua Siswa Untuk Mewujudkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di SMKS Nahdlatul Ulama Al-Farisi Dan SMKS Syis Badruzzaman Tarogong Garut)

  • Enung Jamilah Universitas Garut
  • Abdusy Syakur Amin Universitas Pasundan
  • Hanny Latifah Universitas Garut
Keywords: Komunikasi Guru Dengan Orang Tua, Partisipasi Orang Tua Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengkaji pengaruh komunikasi guru dengan orang tua terhadap partisipasi orang tua siswa untuk mewujudkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis).. Lokasi penelitian adalah di SMKS Nahdlatul Ulama Al-Farisi dan SMKS Syis Badruzzaman Tarogong Garut, dengan jumlah responden 74 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dapat disimpulkan Terdapat pengaruh komunikasi guru dengan orang tua terhadap partisipasi orang tua siswa untuk mewujudkan hasil belajar siswa, dengan pengujian analisis jalur. Hasil pengujian sub-sub hipotesis: Komunikasi Guru Dengan Orang Tua berpengaruh positif secara signifikan terhadap Partisipasi Orang Tua Siswa untuk mewujudkan Hasil Belajar Siswa. adapun pengujian pada sub- sub hipotesis menunjukan bahwa Komunikasi Guru Dengan Orang Tua berpengaruh positif secara signfikan terhadap Partisipasi Orang Tua Siswa. Komunikasi Guru Dengan Orang Tua berpengaruh positif secara signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa. Partisipasi Orang Tua Siswa berpengaruh positif secara signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa.

References

Ahmad, E. H. (2016). Komunikasi Antar Pribadi Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmadi, (2013) Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Hasil Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1
Alifuddin, M. 2011. Kebijakan Pendidikan Nonformal Teori, Aplikasi dan Implikasi. Jakarta: Magnascript Publishing.
Alo Liliweri. 2011. Komunikasi serba ada serba makna. Kencana : Jakarta Al-Qur’anul Karim 2015, Al-Qur’an dan Terjemahan, Departemen Agama.
Arifin, (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arni Muhammad, 2012. Etika Komunikasi, Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi.Yogyakarta : Kanisius Bandung.
Arikunto, Suharsimi, 2014. Edisi Revisi V. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
Buku-buku Agama, K. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.
Devito, Joseph A. 2015. Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group
Dwiningrum, S. I. 2015. Desentrlaisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
E. Mulyasa. 2015. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Fakhri, Laras Tris Ambar Suksesi. "Analisis Pengaruh Kompetensi Komunikasi, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT POS Indonesia (Persero) se Kota Semarang)." PhD diss., Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2006.
Fattah, N. 2014. Anallisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fattah, Nanang 2015., Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fattah, Nanang. 2013. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
H.A. Tilaar. 2012. Kekuasaan dan Pendidikan. Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hafied 2011. Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Media Pressindo. Haitimi. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Hanafi, Mahmud M. 2012. Komunikasi interpersonal . Yogyakarta: BPFEYogyakarta. Uno, Hamzah B 2014, "Teori Motivasi dan Pengukurannya." Jakarta: Ina Publikatama
Haq, F., and Rahmah Mawizha. Komunikasiguru dalam memotivasi belajar siswa SMK TPI Gedangan Sidoarjo. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Inndrianto. 2015. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : LKiS Pelangi Aksara Yogyakarta
Iriantara, Y. (2013). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Simbiosa. Iskandar, J. (2017). Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Puspaga.
Iskandar, J. (2017). Perilaku Manusia Dalam Kelompok dan Organisasi. Bandung : Puspaga.
Khasanah, N. (2014). Partisipasi Orangtua Dalam Penyelenggaraan Paud Pada Masyarakat Nelayan (Studi Kasus terhadap Lembaga PAUD di Masyarakat Nelayan Tanjungmas, Semarang) (Doctoral dissertation, UNNES).
Mahfud, C. (2016). Politik Pendidikan Islam Analsis Kebijakan Pendidikan Islam Pasca Orde Baru. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Martinis Yamin dan Bansu I Ansari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Megawati, Megawati, and Fakhri Kahar. "Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dengan Guru terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran." Jurnal Office 3.1 (2017): 33-42.
Muhammad Salim. 2012 Dawr al-Maqas id fi al-Tahsri’at al-Mu’asirah. London: Markaz Dirasat Maqasid al-Shari’ah al-Islamiyyah.
Mulyana, Deddy, 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 17. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Nasution (2013). Tes Hasil Fungsi dan Pengembangan Pengukutan Hasil balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Nur, Mutmainah, S., & Mutmainah, S. (2014). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Pontoh, W. P. (2013). Peranan komunikasiguru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Jurnal
Rahmat, J. (2012). Prinsip-Prinsip Komunikasi Menurut Al Qur’an. Audienta: Jurnal Komunikasi.
Rakhmat, Jalaluddin, 2013. Retorika Modern: Pendekatan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Ridwan. (2013). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfa Beta.
Rodliyah, S. (2013). Partisipasi Masyarakat dalam pengambilan keputusan san perencanaan di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
S. Djuarsa. 2013. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saefullah, U. (2014). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan . Bandung : Alfa Beta.
Sangadji dan Sopiah, (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta, CV Andi.
Sanjaya. 2009. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Siti Irene A.D., 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Soebahar, A. H. 2013. Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta : Raja Grafindo.
Soegarda Poerbakawatja, dkk. 2011. Enseklopedia Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Soemanto, 2014. “Partisipasi, Komunilasi, Persuasi, dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional”, Alumni
Subandiyah. 2011. Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal di SD se-Jawa tengah. Skripsi. FIP-UNY.
Sudjana. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah
Sugiyah. 2014. Partisipasi Komite Sekolah dalam penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Dasar Negeri IV Wates, Kabupaten Kulon Progo. Tesis. PPs UNY.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif,kuantitatif dan R&D. Bandung: Aalf Beta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Manajemen Pendidikan dosekolah. Bandung: Alfabeta
Supriyatno, M. d. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam. Bandung: Refika Aditama.
Suranto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto, B. (2012). Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Syaripudin, Y. I. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Udin Saefudin Sa’ud. 2013. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Widi Astuti. 2011. Partisipasi Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Negeri Se Kecamatan Godean. Skripsi. FIP UNY.
Widya P. Peranan komunikasiguru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Jurnal Acta Diurna, 2013, 2.1.
Willie Wijaya. 2014. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Semarang: Bintang Jaya Wiryanto. 2013. Teori Komunikasi Massa. 3rd edition. Jakarta : PT Grasindo
Published
2022-04-04

Most read articles by the same author(s)