Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Capaian Hasil Belajar ( Penelitian di Mts Negeri 1 Garut )
DOI:
https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.79Keywords:
Kompetensi Profesional, Kinerja Guru, Capaian Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengkaji pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru untuk mewujudkan capaian hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di MTs. Negeri 1 Garut, dengan jumlah responden 94 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dapat disimpulkan bahwa Kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru untuk mewujudkan capaian belajar siswa. Adapun hasil pengujian sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap capaian hasil belajar siswa.Pengaruh kompetensi profesional guru tidak signifikan terhadap capaian hasil belajar siswa.
References
Aedi, Nur. 2015. Dasar-dasar manajemen pendidikan. Yogyakarta: goysen publishing
Agama, K. (2010). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.
Akdon. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Cet. 2
Al Bukhari, Muhammad bin Isma'il, Abi Abdillah. Matan Al-Bukhari. Semarang: Toha Putra, t.t.
Ardiman A.M. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asmara,Husna .2015.Profesi kependidikan.Bandung: Alfabeta
Barnawi. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2016.
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efaktif. Bandung: Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka cipta
Djihad, Suyanto dan Asep. Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi
Pressindo, 2016.
Doni Juni Priansa. 2014. Kinerja dan Profesionalsme Guru. Bandung: CV Alfabeta
Furi,Syaikh Shafiyur al-Mubarak.2016. ShahihTafsir ibnu Katsir. Jakarta : Pustaka Ibnu Katsir
Gunawan, 2010. Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. Tugas Guru dalam pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
H.A . Tabrani Rusyan, lalan Suherlan.2012. Membangun Guru Berkualitas.Jakarta: PT Gilang Saputra Perkasa.
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Ijudin dan Nenden Munawaroh.2018.Ilmu Pendidikan Islam.Bandung:Manggu Makmur Tanjung Lestari
Ijudin dan Nenden Munawaroh.2018.Pendidikan Agama Islam.Bandung:Manggu Makmur Tanjung Lestari
Iskandar,Jusman.2018.Metoda Penelitian. Bandung :Puspaga
Mahmud, M. Dimyati. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi
Mulyasa, E. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-3
Mulyasa,E.2012.Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru.Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Muslim, Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabetha
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Purwanto.(2015) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Qomar, Mujamil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo. Cet. Ke-4
Saefullah, U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: CV. Alfabeta, 2015.
Sedarmayanti.2016 Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya, 2015.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-18
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Cet. Ke-3
Suryanto dan Asep Juhad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI.2015.Manajemen Pendidikan Islam.Bandung : Alfabeta
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet ke-9
Yamin, Martinis.2011.Profesionalisasi Guru & Impelementasi KTSP.Jakarta: Gaung Persada Press.
Dude, Suyono. 2011. “Guru dan Pendidikan Berbasis Kompetensi”. Jurnal Ilmu Pendidikan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Vol 1 No 3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















