Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Efektivitas Belajar
DOI:
https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i01.83Keywords:
Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Efektivitas BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik berita umum. Lokasi penelitian berada di MTs. Darul Fitri Leles dan MTs. Al-Ulfah Leles Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 53 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Artikel ini menyimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran dapat terwujud dengan baik, yaitu dengan menerapkan kinerja guru yang optimal dan kepemimpinan kepala madrasah yang dilaksanakan secara efektif dan efisien.
References
Alim, Muhammad. Pendidikan Islam. Bandung: Pemuda Rosdakarya, 2011.
Farida, I., I. Helsy, I. Fitriani, dan M. A. Ramdhani. "Materi Pembelajaran Kimia di SMA Menggunakan Representasi Ganda." Seri Konferensi IOP: Ilmu dan Teknik Material 228, no. 2017 (2018): 012078.
Irwansyah, F S, Y M Yusuf, I Farida, dan M A Ramdhani. "Teknologi Augmented Reality (AR) pada Sistem Operasi Android dalam Pembelajaran Kimia." Seri Konferensi IOP: Ilmu dan Teknik Material 288, no. 2017 (2018): 012068.
Iskandar, Jusman. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga Bandung, 2016.
Marzuki. Pendidikan Karakter Islami. Jakarta: AMZAH, 2015.
Priansa, Doni Juni. Kinerja dan profesionalisme guru. Bandung: CV Alfabeta, 2014.
Ramdhani, Abdullah, Muhammad Ali Ramdhani, dan Abdusy Syakur Amin. "Menulis Makalah Penelitian Tinjauan Literatur: Pendekatan selangkah demi selangkah." Jurnal Internasional Ilmu Dasar dan Terapan 3, no. 1 (2014): 47-56.
Ramdhani, Abdullah, Muhammad Ali Ramdhani, dan Hilda Ainisyifa. “Kerangka Konseptual Budaya Perusahaan Berpengaruh Terhadap Komitmen Karyawan Terhadap Organisasi.” Manajemen Bisnis Internasional 11, no. 3 (2017): 826-803.
Ramdhani, Muhammad Ali. “Lingkungan Pendidikan dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut 8, no. 1 (2014): 27-36.
Ramdhani, Muhammad Ali, dan Abdullah Ramdhani. Penelitian pemasaran. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2016.
Ramdhani, Muhammad Ali, Dindin Djamaluddin, dan Hilda Ainissyifa. "Membangun Sikap Moderat Melalui Pendidikan Karakter." Konferensi Internasional tentang Islam di Dunia Melayu V. Songkla: Universitas Songkla, 2015. 791-798.
Rusman. Model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.
Sari, S, R Anjani, I Farida, dan Muhammad Ali Ramdhani. "Menggunakan Game Edukasi Berbasis Android untuk Pembelajaran Materi Koloid." Jurnal Fisika: Seri Konferensi 895, no. 1 (2017): 012012.
Sudjana, Nana, dan R. Ibrahim. Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru, 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















