Pengaruh Manajemen Sekolah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian di MTs. Miftahul Falah dan MTs. Asy Syamsiah Selaawi Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i02.115Keywords:
Capaian Hasil Belajar Siswa, Kinerja Guru, Manajemen SekolahAbstract
Masalah dalam dunia pendidikan yang muncul sekarang ini terkait dengan rendahnya capaian hasil belajar siswa, hal ini tentu menjadi agenda utama yang harus segera diselesaikan negara ini. Permasalahan rendahnya capaian hasil belajar siswa ini diakibatkan belum optimalnya manajemen sekolah dan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh manajemen sekolah terhadap kinerja guru dalam pencapaian hasil belajar siswa. Metode deskriptif menjadi metode yang dianggap tepat untuk penelitian ini, yang mana peneliti bisa mendapatkan informasi langsung dari responden. Studi dokumentasi dan studi lapangan dilakukan peneliti sebagai teknik pengumpulan data. Analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis) digunakan peneliti menggunakan untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis) yaitu dengan memperhatikan hasil perbandingan thitung dan ttabel, yang mana thitung > ttabel dengan hasil sebagai berikut thitung = 22.2284 dan ttabel = 2.0096 artinya t hitung >ttabel, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara spesifik bahwa variabel manajemen sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru untuk mewujudkan capaian hasil belajar siswa di MTs. Miftahul Falah dan MTs. Asy Syamsiah Selaawi Garut.
References
Andang.( 2019). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. (Cet.2). Jakarta : AR-Ruzz Media.
Anonim. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.web.id/capai
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). Manajemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah (Ed.1). Yogyakarta: Andi.
Asmawati. (2017). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Pedagogy, 2, 44–53.
Azeem, N., & Omar, M. K. (2018). Exploring Teacher Performance?: A Review of Concepts and Approaches. In GREduc?: Revolutionalising Research Practices in Education and Human Resource Development (pp. 108–118). Serdang: Universiti Putra Malaysia.
Azis, A. (2020). Pengaruh Kinerja Guru dan Pendayagunaan Sumber Belajar terhadap Capaian hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Kec. Bukit Raya Kota Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Azis, A. R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. (Baharuddin, Ed.) (2nd ed.). Bantul: SIBUKU.
Darmawan, A. T. A. (2019). Manajemen Perangkat Pembelajaran, Kinerja Dan Motivasi Guru Penjasorkes Smk Di Kabupaten Sleman Tahun 2019. Universitas Negeri Yogyakarta.
Elvianti, L. (2016).Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Min 01 Dusun Curup. STAIN Curup.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Sekolah Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. TADBIR?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/517
Farahiyanfar, N., & Ghandehar, M,R,E. (2016). The relationship between participatory management and empowerment with organizational commitment in physical education teacher. Journal of fundamental and applied sciences, 8(3S), 290-298. http://dx.doi.org/10.4314/jfas.v8i3s.182.
Fuadah, F. S., & Sanusi, H. P. (2017). Manajemen Sekolah Pondok Pesantren. Jurnal Isema, 2(2), 40–58.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Sekolah. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 28–42.
Hidayat, Rahmat; Wijaya, C. (2017). Ayat-ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. (A. Zein, Ed.) (1st ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Gunawan, I & Noor Benty, D. (2021). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik (Cet.2) . BAndung : Alfabeta.
Iskandar, J. (2016). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga.
Iskandar, J. (2020). Modul Matakuliah Metode Penelitian. Garut.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 (2017). Republik Indonesia. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138495/permendikbud-no-3-tahun-2017
Kodir, A. (2018a). Manajemen Sekolah Saintifik Kurikulum 2013?: Pembelajaran Berpusat pada Siswa. (Tim Redaksi Pustaka Setia, Ed.) (1st ed.). Bandung: Pustaka Setia.
Kodir, A. (2018b). Manajemen Sekolah Saintifik Kurikulum 2013?: Pembelajaran Berpusat pada Siswa.
Kumpas-Lenk, K., Eisenschmidt, E., & Veispak, A. (2018). Does the design of learning outcomes matter from students’ perspective? Studies in Educational Evaluation, 59 (June), 179–186. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.07.008
Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2012). Manajemen Pendidikan?: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(03), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567
Mangkunegara, A.P. (2017). Evaluasi kinerja sumber daya manusia. Bandung: : Refika Aditama
MTs. Asy Syamsiah Selaawi Garut. (2019). Catatan Data MTs. Asy Syamsiah Selaawi Garut. Garut.
MTs. Miftahul Falah Selaawi Garut. (2019). Catatan Data MTs. Miftahul Falah Selaawi Garut. Garut.
Nata, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.
Nurdyansyah,& Widodo, A. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo : Nizamia Learning Centre.
Prayoga, A., Noorfaizah, R. S., Suryana, Y., & Sulhan, M. (2019). Manajemen Sekolah Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain Di Mi Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 21(November), 140–156. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.326
Ratnawati. (2018). Pengaruh Manajemen Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Capaian hasil Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 02(1). Retrieved from journal.uniga.ac.id
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). Indonesia: Perpusnas Republik Indonesa.
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005). Indonesia.
Rohiat. (2018). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek ( Cet.5). Bandung : PT. Refika Aditama.
Rukajat, A. (2018). Manajemen Sekolah (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Rusman. (2018). Manajemen Kurikulum (2nd ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. (2016). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformaldan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cet. 4).Cibaduyut : CV.Dilanisa Putri Sejahtera
Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Tafsirweb. (n.d.). Quran Surat Al-Baqarah Ayat 31. Retrieved from https://tafsirweb.com/292-surat-al-baqarah-ayat-31.html
Tim Redaksi Cemerlang. (2019). UUD 1945 & Amandemen. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.
Triwiyanto, T. (2019). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















