Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Belajar Siswa (Penelitian di MTs. Miftahul Ulum dan MTs. Darul Fitri Leles)

Authors

  • Endang Soetari Ad Universitas Garut
  • Ijudin Ijudin Universitas Garut
  • Pirmansyah Pirmansyah garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i01.86

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Mutu Belajar Siswa

Abstract

Fenomena masalah pendidikan yang dihadapi di antaranya mutu pendidikan yang masih rendah pada pendidikan madrasah. Belum optimalnya kinerja guru diduga sebagai akibat dari pengaruh kepemimpinan kepala madrasah yang belum optimal sehingga mengakibatkan belum optimalnya mutu belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi analisis dengan teknik observasi, survei, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model path analysis atau analisis jalur. Populasi dan responden penelitian ini yaitu tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum dan Madrasah Tsanawiyah. Darul Fitri Leles sebanyak 51 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dengan pengujian analisis jalur adalah: “Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu belajar siswa”. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel, yaitu thitung = 9,1072 > ttabel = 0,8066. Dari nilai tersebut, kemudian dapat diperoleh kesimpulan statistik yaitu bawa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga variabel kepemimpinan kepala madrasah (X) berpengaruh positif terhadap kinerja guru (Y) untuk mewujudkan mutu belajar siswa (Z). Hasil pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan tidak terlalu signifikan terhadap mutu belajar siswa. Kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu belajar siswa.

References

Abas, E. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap kinerja Guru. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Asra, Sumiati. (2017). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Azra, A. (2019). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.
Basuki, Ismet & Hariyanto, (2015). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, Bandung
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam interaksi Edukatif, Rineka
Helmawati, (2014). Meningkatkan Kinerja Kepala Madrasah/Madrasah melalui Managerial Skills., Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar, Jusman. (2016), Teori Sosial, Bandung: Puspaga.
Kadir, A. R. (2017). Kepemimpinan Pendidikan Dan Budaya Mutu. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Karwati, Euis & Juni Priansa, Doni. (2016), Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung. Alfabeta
Karwono & Mularsih, Heni. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers
Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawwir. Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir. Kamus Arab-Indonesia.
Muslim Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Alfabeta, Bandung.
Priansa Donni Juni (2016). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah, Alfabeta Bandung
Purwanto. (2018). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
_______. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ramli, (2015), Pendidikan Anak Prasekolah, Rineka Cipta , Jakarta
Rohiat, (2008) Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah, Aditama, Bandung
Sagala, Syaiful (2013), Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Alfabeta Bandung
Sastrawan, k. b. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Upaya Pendidikan dan Keguruan , 70.
Sudjana, N (2017). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuailtatif, DAN R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi. (2014). Kinerja Guru . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Umar, Y. (2016). Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-04-09

How to Cite

Ad, E. S., Ijudin, I., & Pirmansyah, P. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Belajar Siswa (Penelitian di MTs. Miftahul Ulum dan MTs. Darul Fitri Leles). Khazanah Akademia, 6(01), 28–35. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v6i01.86

Most read articles by the same author(s)