Pengembangan Program Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Mandiri Siswa (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Muhammadiyah Garut)

Authors

  • Syifa Nur Fauziah

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i02.594

Keywords:

karakter mandiri, madrasah, model pendidikan karakter, pengembangan ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan program ekstrakurikuler dalam pembinaan karakter mandiri siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Muhammadiyah Garut. Fokus penelitian mencakup empat hal utama, yaitu: proses pengembangan program, faktor pendukung dan penghambat, dampak terhadap karakter siswa, serta model pengembangan yang sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program dikembangkan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara partisipatif. Faktor pendukung meliputi dukungan manajemen madrasah, semangat siswa, serta nilai-nilai keislaman yang menjadi fondasi kegiatan. Sementara itu, kendala utama adalah keterbatasan sarana dan waktu. Program ekstrakurikuler terbukti berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter mandiri siswa, terutama dalam aspek kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian mengambil keputusan. Model yang sesuai adalah model partisipatif-integratif yang melibatkan seluruh unsur madrasah secara menyeluruh dan berkesinambungan. Metode ini dipilih karena mampu menggali makna yang mendalam dari proses dan interaksi sosial yang terjadi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan pendekatan ini, peneliti dapat memahami realitas secara kontekstual dan holistik sesuai dengan nilai-nilai yang hidup dalam budaya madrasah.

References

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press. Wahyudin, D. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

Syifa Nur Fauziah. (2025). Pengembangan Program Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Mandiri Siswa (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Muhammadiyah Garut). Khazanah Akademia, 9(02), 81–85. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i02.594