Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa : Studi Kasus Pada Kelas 2 MIN 1 Metro

Authors

  • Elta Nur Azizah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Lathifatul Ulfa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Vivi Nurbaiti Jannah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Citra Fitri Rachmadani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Isma Karima Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Asep Yudianto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i02.442

Keywords:

Guru, Kognitif, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam perkembangan kognitif siswa di sekolah dasar, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif dan hambatan yang dihadapi oleh guru maupun siswa dalam proses tersebut. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatuf deskripti, studi kasus dengan melibatkan guru dan siswa kelas 2 MIN 1 Metro. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berpedoman. Setelah menyelesaikan proses pengumpulan data, peneliti mereduksi, mendisplay data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam perkembangan kognitif siswa kelas 2 berkontribusi positif dalam menciptakan suasana kelas yang cukup kondusif dan antusiasme yang tinggi terhadap proses peembelajaran. Kemudian strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran serta kompetensi yang dimiliki guru menjadi faktor yang diidentifikasi sebagai yang mempengaruhi perkembangan kognitif siswa kelas 2. Adanya siswa berkebutuhan khusus (ABK) dan beberapa siswa yang belum dapat membaca, menulis. dan berhitung menjadi hambatan sekaligus tantangan yang dihadapi oleh guru.

 

Author Biographies

Lathifatul Ulfa, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Pendidikan Dasar

Vivi Nurbaiti Jannah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Pendidikan Dasar

Citra Fitri Rachmadani, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Pendidikan Dasar

Isma Karima, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Pendidikan Dasar

Asep Yudianto, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Pendidikan Dasar

References

Agung, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34.
Arfiani, F. F. N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri Maguwoharjo 1 Depok Sleman. Tafhim Al-’Ilmi, 13(1), 38–57. https://doi.org/10.37459/tafhim.v13i1.4643
Armos Neolaka, dan G. A. A. N. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup (I). Perpustakaan Nasional?: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Astuti, M., Mutyati, M., Septiani, T., Nurfadillah, M., Rahmawati, A., Cantika, C. M., & Ibrahim, I. (2023). Analisis Kemampuan Mendidik Guru dalam Perkembangan Psikologi Anak di MIN 2 Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1040–1048. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.327
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Cahya, L., & Malang, U. K. (2020). No Title. 4, 461–471.
Darmawan Harefa, D. (2023). Teori Perkembangan Peserta Didik (D. Bestari Laila (ed.)).
Felia Limbong, Yonatan A, S. T. T. S. (2022). Urgensi Profesional Guru dalam Perkembangan Kognitif Naradidik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 1–11.
Hasibuan, A. R. H., Maulana, A., Samosir, D. S., & Syahrial. (2024). Perkembangan Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa?: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran, Dan Ilmu Sosial, 2(2), 120–125. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.753
Isnaini, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor Dalam Pengawasan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. El-Tsaqafah?: Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 215–228. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v18i2.1871
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Moh. Fahmi Nugraha, D. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (E. F. F. Khomaeny (ed.); I). Edu Publisher. Peraturan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2014, 1 Procedia Manufacturing 1 (2014).
Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2023). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1), 570–571.
Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.
Thoyibah, M. Y., & Negara, T. D. W. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini pada Pembelajaran Matematika di RA Muslimat NU 071 Trisono Babadan Ponorogo. … Anak Usia Dini …, 01(01), 26–38. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/598%0Ahttps://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/download/598/263

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

Azizah, E. N., Ulfa, L. ., Jannah, V. N., Rachmadani, C. F., Karima, I., & Yudianto, A. (2025). Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa : Studi Kasus Pada Kelas 2 MIN 1 Metro. Khazanah Akademia, 9(02), 51–59. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i02.442