Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Video Slide Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

  • Heny Sonari Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i02.429

Keywords:

keterampilan berpikir kritis, media video slide animasi, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Pendidikan merupakan proses transformasi keyakinan agama yang menjadi dasar dalam mewariskan keyakinan. Dalam konteks pendidikan saat ini, Keterampilan berpikir kritis menjadi sangat krusial bagi siswa, terutama saat mereka menghadapi tantangan di dunia nyata. Namun, pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dalam pembelajaran PPKn di SMAN 4 Garut masih belum optimal. Kondisi ini menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk menerapkan metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan dan merangsang keterampilan tersebut. Salah satu strategi yang disarankan adalah mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek dengan media video slide animasi, yang bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menarik guna meningkatkan partisipasi siswa.
Salah satu masalah utama dalam pendidikan abad ke-21 adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PPKn. Untuk mengatasi masalah ini, teknologi disarankan. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pendekatan tersebut dalam menumbuhkan pemikiran kritis siswa. Menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental, penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas X-2 SMAN 4 Garut dan menerapkan desain One-Group Pretest-Posttest. Hasil analisis melalui uji regresi linier sederhana menghasilkan persamaan Y = 35,397 + 2,498X, menunjukkan koefisien regresi positif, yang mengindikasikan bahwa variabel X berdampak positif terhadap Y. Ini mendukung bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan media video slide animasi efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa di SMAN 4 Garut pada mata pelajaran PPKn meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka secara signifikan ketika slide video animasi digunakan dalam pembelajaran berbasis proyek. Dengan memasukkan teknologi pendidikan ke dalam proses pembelajaran, diharapkan siswa menjadi lebih terlibat, aktif, dan termotivasi. Ini akan membuat mereka lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan memperkuat keterampilan berpikir kritis siswa, penelitian ini menyarankan penggunaan teknik ini secara lebih luas.

References

Abdulhak, I, & Darmawan, D (2017). Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda
Agustian, R., & Salsabila, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem ekskresi manusia untuk kelas XI SMA Negeri 1 Ciamis. Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 121-128.
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Akrim, A (2022). Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. Aksaqila Jabfung, aksaqilajurnal.com, https://www.aksaqilajurnal.com/index.php/aj/article/download/186/225
Aransyah, A (2023). Pengembangan Modul Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Berbantu Media QR-Code untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn., digilib.unila.ac.id, http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70163
Ashar, SA, & Supriansyah, S (2023). Media Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi …, ejournal.papanda.org, https://ejournal.papanda.org/index.php/edukasiana/article/view/384
Beni, L (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Powtoon untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif pada materi Flora Fauna, digilib.unila.ac.id, http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70487
Darmawan, Deni (2017). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Rosda
Darmawan, Deni (2019). Mobile Learning. Depok: Raja Grafindo Persada
Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek: Sebuah Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Demmanggasa, Y (2023). Digitalisasi pendidikan: akselerasi literasi digital pelajar melalui eksplorasi teknologi pendidikan. Community …, journal.universitaspahlawan.ac.id, http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22045
Depdiknas. (2003). Media-Media dalam Pembelajaran. Jakarta:
Destini, Y., Yulianti, D., Sabdaningtyas, I. G. A. K., Ambarita, B., & Rochmiyati, N. (2022). The development of critical thinking skills instrument in science learning for junior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 44-52.
Djamarah, S. B. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Elpira, H., & Ghufron, A. (2023). Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Faisal, S. (1999). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Fatmawati, A. (2020). Pembelajaran Kreatif dengan Animasi. Jakarta: Grasindo.
Febril, AN, Aradia, FF, Oktavia, F, & Fitri, R (2022). Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik: Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Biologi
Febrini, D. (2017). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fisher, A. (2008). Berfikir Kritis sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Fitri anisah, (2022) Kajian untuk Masalah I Konsep Media Video Animasi untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD https://repository.unpas.ac.id/55361/7/14.%20BAB%20II-dikonversi.pdf
Hardini, Isriani. 2015. Strategi Pembelajaran Terpadu. Jogjakarta: Familia.
Hasan, M, Milawati, M, Darodjat, D, Harahap, TK, & ... (2021). Media pembelajaran., eprints.unm.ac.id, http://eprints.unm.ac.id/20720/
Hasiru, D, Badu, SQ, & Uno, HB (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics , ejurnal.ung.ac.id, https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu/article/view/10587
Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, K, Sapriya, S, Hasan, SH, & Wiyanarti, E (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Hybrid. Jurnal Basicedu, neliti.com, https://www.neliti.com/publications/450222/keterampilan-berpikir-kritis-peserta-didik-dalam-pembelajaran-hybrid
Ilmudinulloh, R (2022). Model pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, researchgate.net, https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Bustomi-5/publication/372830028_Model_Pembelajaran_Berbasis_Proyek_untuk_Mengembangkan_Kemampuan_Berpikir_Kritis_Mahasiswa/links/64c9f7327eacf602634db96a/Model-Pembelajaran-Berbasis-Proyek-untuk-Mengembangkan-Kemampuan-Berpikir-Kritis-Mahasiswa.pdf
Indriana, R. (2011). Media pembelajaran: Sebuah pendekatan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Iryanti, R (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajran IPS di SMPN 1 …. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, edutrimedia.com, http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/60
Jeniver, J, Fadilah, M, & Alberida, H (2023). Review: Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project-Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. : Journal of Science , journal.moripublishing.com, https://journal.moripublishing.com/index.php/biochephy/article/view/522
Kamaruddin, I, Suarni, E (2023) Penerapann Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaranhttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Kamaruddin, I, Suarni, E, & ... (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan: Tinjauan literatur. Jurnal Review …, journal.universitaspahlawan.ac.id, http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22138
Kamus Ilmiah Populer. (2002). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2013). Media pembelajaran dan teknologi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Lince, L (2022). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan …, journal.uiad.ac.id, https://journal.uiad.ac.id/index.php/SENTIKJAR/article/view/829
Lubis, DA, & Najicha, FU (2022). Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuhan Bangsa. Pancasila dan Kewarganegaraan, journal.actual-insight.com, https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/614
Made, AM, Ambiyar, A, Riyanda, AR, & ... (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif: Jurnal Ilmu …, edukatif.org, https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3128
Margono, J. (2009). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Maritsa, A, Salsabila, UH, Wafiq, M, & ... (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. … Jurnal Penelitian Dan …, ojs.diniyah.ac.id, https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/303
Masrinah, EN, Aripin, I, & Gaffar, AA. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional …, prosiding.unma.ac.id, https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/129
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Millati, I (2021). Peran teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar di era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), jet.or.id, https://jet.or.id/index.php/jet/article/view/63
Moleong, J. L. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Monasari, et al. (2021). Hubungan Berpikir Kritis dengan Metakognisi, Motivasi, dan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Psikologi, 10(2), 45-55.
Muhibbin, S. (2015). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munadi, Y. (2012). Media pembelajaran: Sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Munir, S. (2015). Pembelajaran dengan multimedia interaktif. Bandung: Pustaka Setia.
Nabila, KH (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis TPACK terhadap Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis (critical thinking) Peserta Didik di SMAN 1 , digilib.unila.ac.id, http://digilib.unila.ac.id/65392/
Ningsih, WS, Khotimah, K, Amaliani, R, & ... (2022). Pengembangan media berbasis ispring dan video animasi terhadap kemampuan kognitif siswa. Jurnal Pemikiran dan …, journal.rekarta.co.id, http://journal.rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/view/534
Nur, J (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PPKn di SMA NEGERI 4 Kota …., eprints.unram.ac.id, http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44140
Rahadian, Dian. Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. Teknologi Pembelajaran, 2017, 2.1.
Rahmayanti, L., & Istianah, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Erlangga. hlm. 430.
Ratnaningtyas, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Rijal, AS (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kreativitas guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, jurnal.ideaspublishing.co.id, https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/238
Sadiman, A. S., & Rahardjo, B. (2006). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, HR, & Yatri, I (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, ejournal.papanda.org, https://ejournal.papanda.org/index.php/edukasiana/article/view/381
Sasmita, I. D. G., & Harjono, A. (2021). Efektivitas problem based learning dan problem posing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 149-158.
Seftiani, S, Zulyusri, Z, Arsih, F, & ... (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma. Bioilmi: Jurnal …, openrecruitment.radenfatah.ac.id, https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/11517
Sestiya, A. B. (2021). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 55-62.
Sintawati, S, & Jailani, MS (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih. Simpati: Jurnal Penelitian …, jurnal.alimspublishing.co.id, https://jurnal.alimspublishing.co.id/index.php/simpati/article/view/71
Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media pengajaran: Sebuah pendekatan baru. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif: Konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryabrata, S. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Suryani, A., et al. (2018). Strategi Pembelajaran Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Susanti, W, dkk. (2022). Pemikiran Kritis dan Kreatif. Bandung: Media Sains Indonesia.
Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
Susilawati, E, Agustinasari, A, & ... (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal …, download.garuda.kemdikbud.go.id, http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1640882&val=14364&title=Analisis%20Tingkat%20Keterampilan%20Berpikir%20Kritis%20Siswa%20SMA
Sutratinah, Tirtonegoro. (2001). Anak Super Normal Dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. Journal of educational research, 93 (4), 242-248.
Tohirin, Y. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Triansyah, FA, & Muhammad, I (2023). Tinjauan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Insan Pendidikan dan …, journal.widyakarya.ac.id, https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jipsoshum-widyakarya/article/view/771
Uno, B. H., & Lamatenggo, N. (2010). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, M. A. (2015). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wasliman, Lim. (2007). Problematika Pendidikan Dasar. Bandung: Modul Pembelajaran Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Widiasmoro, E. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Learning (PJBL): Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(2), 173-182.
Yamin, M. (2010). Media pembelajaran: Sebuah pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia: https://www.kemdikbud.go.id/
Permendikbud No. 3 Tahun 2020 dan Keterampilan Berpikir Kritis.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

Sonari, H. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Video Slide Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn. Khazanah Akademia, 9(02), 60–70. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i02.429